Inilah asalan kenapa kemasan atau packaging produk salah satu poin penting dalam penjualan.

kemasan-packaging-produk

Meskipun kualitas produk sekarang ini menjadi poin yang utama dalam menjalankan bisnis makanan, namun ada satu poin lagi yang tidak boleh dikesampingkan yakni Packaging atau kemasan yang digunakan untuk membungkus produk itu sendiri.

Tampilan fisik yang dilihat konsumen pertama kali sewaktu mengunjungi minimarket, supermarket ataupun toko lainnya pada kenyataannya cukup mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Jika cara pengemasan atau packaging produk yang digunakan terlihat unik dan menarik, tentunya pelanggan akan fokus terhadap produk Anda dan bisa melekat di benak konsumen sehingga di kemudian hari akan menjadi Repeat Order.

Mengingat sangat pentingnya peran packaging dalam sebuah penjualan, jasa cetak packaging pun kian bermunculan, mulai dari Cetak Packaging Produk Murah hingga yang mahal.

Cetak packaging tidak hanya untuk produk yang dijual secara Offline saja, namun penjualan produk secara Online pun sangat penting untuk memperhatikan packaging produk, apalagi penjualan secara Online, di mana masih banyak pembeli yang belum mengetahui produk Anda. Maka dari itu, supaya brand Image toko Online Anda bisa kian melekat di hati konsumen, maka Anda sebagai penjual harus memperhatikan cara pengemasan produk yang dipergunakan sebelum dikirimkan ke tangan konsumen.

Lantas packaging seperti apa yang harus digunakan? Berikut ini ada beberapa kiat dalam membuat packaging produk.

Tips Membuat Packaging

Ciptakan Ciri Khas

Untuk mengenalkan Brand toko Anda ke pelanggan, tentunya Anda mesti membuat kemasan produk atau packaging dengan ciri khusus.

Misalnya menggunakan kemasan dengan desain warna yang senada, adanya gambar khusus, atau apapun itu yang berhubungan dengan produk ataupun perusahaan Anda yang bisa dijadikan ciri khusus.

Jenis Produk

Produk yang Anda jual menentukan bahan kemasan yang digunakan. Untuk bahan kemasan, sekarang ini ada banyak sekali pilihan bahan kemasan yang bisa digunakan. Meskipun banyak pilihannya, namun sebaiknya disesuaikan dengan jenis produk yang Anda jual.

Hal ini sangat penting dilakukan, tujuannya adalah untuk menekan biaya yang dikeluarkan. Misalnya Anda menjual produk minuman, maka gunakanlah kemasan berbahan kaca atau plastik. Kurang pas rasanya jika menggunakan bahan kertas atau kardus.

Target Pasar

Perhatikanlah target pasar produk Anda, dan pastikan target pasar yang Anda bidik sesuai. Target pasar yang tepat bisa meningkatkan omzet penjualan produk Anda. Setelah target pasar yang dibidik dirasa sudah tepat, maka desain packaging pun harus disesuaikan dengan target pasar tersebut.

Artikel Terkait :

Sebagai contoh Anda menjual produk yang dikhususkan untuk anak-anak, maka packaging produk harus terlihat lucu. Seperti memberikan gambar kartun, kemasan dengan warna yang beragam dan hal lainnya yang disukai oleh anak-anak. Contoh lain misalnya produk yang dituju untuk konsumen kaum wanita, maka Anda harus membuat kemasan dengan desain yang feminime.

Advertisements