packaging produk

Tidak bisa diragukan lagi bahwa kemasan atau packaging produk mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap harga jual produk itu sendiri dan juga menambah daya saing di pasar. Packaging produk memberikan Citra yang positif terhadap kualitas, merek dan juga kepercayaan di benak pelanggan.

Baca juga : Jasa Cetak Offset Full Warna Untuk Membuat Kemasan Produk

Di zaman sekarang ini konsumen sangat kritis terhadap segala sesuatunya, salah satunya ketika ingin membeli sesuatu. Mereka lebih teliti dan cerdas dalam menilai produk yang hendak mereka beli. Dari kondisi tersebut, biasanya konsumen akan melihatnya dari sebuah kemasan bisa berupa legalitas kesehatannya, komposisi bahan yang dipakai serta masa kadaluwarsanya. Maka dari itu, bagi perusahaan ataupun pelaku bisnis mesti benar-benar memperhatikan kemasan produk yang digunakan, mulai dari desain, bahan kemasan yang dipakai, ukuran dan lainnya.

Packaging Produk Sebagai Investasi

Dalam pengadaan kemasan atau packaging produk diperlukan investasi yang terbilang cukup besar serta mesti dibeli dalam jumlah yang banyak. Meskipun memerlukan modal yang banyak, namun packaging produk akan menjadi investasi untuk usaha Anda. Selain itu sekarang ini sudah banyak jasa pembuatan packaging produk dengan harga yang murah. Packaging produk mempunyai tuntutan yang sangat luar biasa pentingnya, packaging produk bisa meningkatkan harga jual yang tentunya sejumlah faktor penting harus diperhatikan.

Tidak hanya bisa meningkatkan harga jual saja, namun berikut ini ada 3 manfaat packaging produk yang tidak kalah pentingnya, antara lain:

  1. Efektifitas

Bahan packaging produk yang dipakai mesti disesuaikan dengan kebutuhan serta sifat produk yang akan dikemas. Sebagai contoh produk Anda adalah cairan pemutih, maka bahan yang digunakan adalah botol plastik, dan jangan menggunakan kertas.

  1. Keamanan

Packaing berfungsi menjaga produk agar aman asalkan dikemas dengan baik dan benar. Dengan pengemasan yang baik dan benar, maka produk yang ada di dalamnya akan terjaga, tidak mengandung bahan berbahaya, kebersihannya dan keasliannya tetap terjaga.

  1. Memudahkan pengiriman

Selain 2 manfaat yang telah disebutkan di atas, dengan adanya packaging maka akan memudahkan dalam proses pengiriman mulai dari tempat produksi menuju gudang, lalu menuju toko-toko dan hingga pada akhirnya sampai ke tangan konsumen. Bayangan saja bagaimana jadinya jika produk tidak dikemas, tentu proses pengiriman akan sangat repot sekali, bukan?

Baca juga : Pentingnya Packaging Produk Untuk Meningkatkan Penjualan

Sudah saatnya bagi Anda pelaku bisnis untuk mengetahui betapa pentingnya sebuah kemasan. Tidak hanya menjaga produk agar tetap aman saja, namun kemasan pun menjadi media pemasaran yang sangat efektif asalkan kemasan tersebut dibuat dengan benar. Lalu bagaimana cara membuat kemasan yang baik dan benar? Berikut ulasannya.

  1. Mudah dikenali

Kemasan produk yang dibuat haruslah mudah dikenali oleh para pelanggan dan haus dibuat dengan semenarik mungkin serta terlihat berbeda dengan produk lain yang sejenis ataupun tidak, sehingga para pelanggan akan mudah mengingatnya.

  1. Faktor keindahan

Sebaiknya gambar untuk kemasan produk menggunakan gambar yang bisa menarik pelanggan, sebagai contoh untuk produk makanan, maka gambar kemasan harus bisa menggambarkan kelezatan dan juga kesegaran sehingga dapat menggugah selera konsumen.

  1. Informasi

Cantumkan seluruh informasi mengenai produk Anda secara akurat, terutama informasi hukum. Selain itu, pastikan pula cantumkan informasi tersebut ke dalam bahasa Inggris ataupun bahasa internasional apabila Anda mempunyai niatan untuk mengekspornya.

Advertisements