packaging product

Banyak perusahaan ataupun pelaku bisnis sadar dan juga menganggap bahwa packaging produk merupakan hal penting. Akan tetapi kenyataannya kerap kali dilupakan. Packaging sendiri mempunyai arti yang begitu luas, ada pelaku bisnis yang mengartikan sebagai keseluruhan context marketing dan ada pula pelaku bisnis yang menganggap bahwa packaging produk hanyalah sebagai kemasan pembungkus suatu produk saja.

Di dalam sebuah marketing, packaging produk mempunyai peran yang sangat penting. Packaging produk memperkuat positioning dan juga menentukan siapa yang akan menjadi target segmen. Semakin tinggi segmen yang disasar, maka peran packaging atau kemasan itu sendiri semakin krusial dalam menentukan kepuasan para pelanggan.

Pernahkah Anda menemukan produk yang kualitasnya sangat bagus, brand positionungnya pun bagus, target segmennya jelas, harganya tepat, namun kenyataannya produk tersebut kurang laku dan tidak tersentuh oleh konsumen? Bagi yang pernah menemukan tentu bertanya-tanya, mengapa bisa seperti itu? Apa kesalahannya?

Salah satu penyebabnya adalah penggunaan packaging yang tidak tepat, bisa karena desainnya, ukirannya, bahan materialnya, dan sebagainya. Dalam membuat packaging tidak perlu menggunakan cetak packaging mahal namun hasilnya kurang memuaskan, cetak packaging murah namun desainnya unik dan menarik jauh lebih baik.

Dalam mendesain packaging produk haruslah dibuat secara hati-hati. Dalam membuat packaging produk, definisikanlah packaging secara lebih luas jangkauannya dimulai dari gambar, warna, huruf, bungkusan produknya hingga bagaimana produk itu diangkut berawal dari pabrik, dalam transportasi (pengiriman), pendistribusian ke toko-toko hingga sampai ke tangan konsumen.

Selain itu, perhatikan pula bagaimana packaging tersebut ditempatkan atau diletakkan di outlet dengan bermacam karakteristik yang unik dan juga berbeda dengan produk lainnya.

Perlu diketahui bahwa packaging yang tepat dan juga efektif secara langsung akan membantu mengefektifkan iklan. Di dalam sebuah iklan yang efektif, tentunya harus dikomunikasikan apa manfaat, informasi, nilai gizi dan lainnya dari produk itu sendiri. Packaging pada sebuah produk sangat menentukan sekali keputusan konsumen apakah membeli produk tersebut ataukah tidak. Maka dari itu, packaging produk haruslah bisa menarik calon pelanggan yang melihatnya, membuat mereka mengerti dan mengetahui bahwa apa yang ditawarkan adalah apa yang selama ini mereka cari dan juga bisa meyakinkan bahwa mereka memperoleh manfaat dari produk melalui packaging tersebut.

Baca juga : Jasa Cetak Offset Full Warna Untuk Membuat Kemasan Produk

Perlu diketahui bahwa semakin tinggi segmen pasar yang Anda sasar, maka biaya packaging produk seharusnya tidak ditekan, melainkan harus dipertimbangkan sebagai komponen biaya yang mana diperlukan untuk meningkatkan produk dan juga Citra merek produk Anda.

Advertisements