mesin cetak offset

Dalam dunia cetak ada banyak sekali teknik pencetakan yang bisa digunakan, salah satunya adalah Cetak Offset. Bagi sebagian dari kita mungkin ada yang bertanya-tanya, apa itu cetak offset dan apa saja keunggulannya?

Cetak offset adalah cara atau teknik pencetakan untuk volume tinggi, biasanya teknik ini dilakukan untuk keperluan komersial. Cetak offset sendiri terdiri dari banyak jenis, ada cetak offset full warna, cetak offset 5 warna dan cetak offset 1 warna. Lalu bagaimana dengan harga cetak offset?

Baca juga : Pentingnya Sebuah Desain Kemasan Pada Produk

Berbicara mengenai harga, sebenarnya mahal atau tidaknya harga cetak offset tergantung dari banyak atau tidaknya volume atau pesanan itu sendiri, jika volume pencetakannya sedikit maka harganya cukup mahal, maka dari itu agar mendapatkan jasa cetak offset 1 warna, full warna dan lainnya maka volume pencetakannya harus dilakukan dalam jumlah banyak.

Dalam cetak offset memerlukan pelat dan Film. Pada satu pelat tersebut akan mewakili satu bidang dokumen, warna dan jenis. Sehingga, semakin banyak jenis dokumen dan juga warna yang dipergunakan, maka jumlah biaya yang mesti dikeluarkan pun semakin besar. Tidak hanya itu saja, harga cetak offset pun ditentukan oleh paduan dan kualitas warna, jenis kertas, serta ukuran kertas. Lalu apa saja keunggulan dari cetak offset? Untuk lebih jelasnya simak artikel ini lebih lanjut.

Keunggulan Cetak Offset

  1. Kualitas warna dari hasil cetak offset jauh lebih tahan lama ataupun tidak cepat pudar jika dibandingkan dengan menggunakan teknik print digital.
  2. Jika melakukan cetak dalam jumlah banyak, maka harga cetak akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan teknik digital print.
  3. Cetak offset bisa melakukan pencetakan di bermacam permukaan jenis media kertas atau media cetak yang tak bisa di lakukan atau dicetak oleh mesin digital, seperti misalnya dapat mencetak dalam ketebalan kertas hingga 400gr, bisa mencetak di bidang bermotif seperti Samson, Embossed /Engrave Paper, kertas recycle, dan bisa mencetak di atas kertas dengan ukuran sampai 100 x 70 cm.
  4. Cetak offset bisa mencetak pada bidang kertas dengan ketebalan yang relatif tipis seperti contohnya kertas yang sering dipakai untuk Buku Nota NCR, HVS & Dorslag.
  5. Cetak offset bisa memakai tinta berjenis Emas, Silver dan jika Anda ingin mencetak dengan warna gradiasi Abu-abu (Grayscale), maka hasilnya akan jauh lebih akurat jika dibandingkan dengan pencetakan digital.

Baca juga : Perlu Anda Ketahui Apabila Ingin Menggunakan Jasa Cetak Offset 4 Warna

Cetak offset bisa mencetak dengan tinta Full Block dengan hasil yang sangat tajam dan juga merata. Pencetakan tinta menggunakan cara block ini kerap dipakai untuk pembuatan design dengan type negatif.

Advertisements