lampu jalan tenaga surya

PJU atau dikenal dengan Lampu Penerangan Jalan Umum mempunyai peran dan fungsi yang penting dijalan raya. Mengapa demikian? Karena, salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan kendaraan ialah kurangnya penyediaan penerangan lampu jalan bahkan terkadang hanya ada tiang lampu jalan tetapi lampunya tidak menyala atau mati..

Walaupun di setiap kendaraan bermotor dilengkapi asesoris lampu, akan tetapi cahaya yang dikeluarkan pada lampu tersebut tidak cukup ataupun dalam arti cahaya tidak seterang dengan cahaya yang dikeluarkan oleh cahaya dari lampu yang berada di tiang lampu jalan. Jalanan yang berlubang dan faktor lainnya tak akan terlihat oleh penglihatan pengemudi ketika malam hari walaupun komponen lampu kendaraannya sudah dinyalakan. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan si pengemudi mengalami kecelakaan, yakni terperosok ke dalam jalan yang berlubang tersebut, dan pada akhirnya bisa memicu kecelakaan beruntun.

Baca juga : Lampu Jalan Tenaga Surya di Surabaya

Dikarenakan lampu PJU mempunyai fungsi yang sangat penting, oleh karena itu tiang lampu penerangan jalan umum harus tersedia di sepanjang jalan raya, hal ini bertujuan untuk memberi penerangan dan juga keselamatan kepada para pengguna ketika mereka berkendara. Sudah menjadi kewajiban kepada pihak instansi pemerintahan untuk menyediakan lampu PJU di setiap area jalan di daerahnya. Namun tidak hanya menyediakan saja, pemerintah pun harus memperhatikan perawatan dan juga perbaikan tiang lampu PJU.

Berkaitan dengan hal penyediaan, perawatan serta perbaikan Tiang Lampu jalan umum beserta perangkatnya, itu semua ditugaskan kepada Dinas Penerangan Jalan Umum di bawah naungan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman yang ada pada setiap kota atau kabupaten setempat. Tiang Lampu penerangan jalan umum merupakan sebuah sarana serta prasarana umum, yang mana itu semua berfungsi untuk memberikan penerangan di setiap sudut-sudut jalan raya ataupun dijalan umum lainnya sehingga sewaktu malam hari tiba, maka area jalanan tersebut tidak akan gelap. Dengan tersedianya tiang lampu Penerangan jalan umum yang terpasang di setiap sudut-sudut jalan raya maka akan memberikan rasa aman bagi siapapun yang berada ataupun melintasi jalanan tersebut, baik itu pejalan kaki sampai pengendara bermotor sekalipun.

Baru-baru ini ada sebuah Lampu Penerangan Jalan Umum di mana sumber energinya tidak menggunakan energi listrik, melainkan menggunakan energi sinar matahari, lampu penerangan jalan tersebut dinamakan sebagai lampu penerangan jalan umum tenaga surya atau bisa pula disebut sebagai PJU PLTS, PJU Solar Cell, PJU Tenaga surya. Semua istilah tersebut pada intinya tetaplah sama yaitu akan mengacu kepada lampu penerangan jalan umum yang mana sumber energinya berasal dari sinar matahari.

Baca juga : Pentingnya Penggunaan PJU Solar Cell di Perkotaan

Adapun cara kerja penerangan jalan umum tenaga surya ini adalah akan hidup secara otomatis sewaktu menjelang sore hari, dan lampu akan padam secara otomatis ketika menjelang pagi hari. Menggunakan lampu penerangan jalan umum tenaga surya rendah sangat biaya karena paket tiang lampu jalan dan perangkat pedukungnya sudah banyak dipasaran dan juga hemat listrik, dikarenakan energi yang digunakan lampu PJU ini tidak akan pernah habis dan juga diperoleh secara gratis.

Advertisements