packaging product

Sekarang ini kemasan atau packaging produk tidak lagi sebatas pembungkus dan juga pelindung semata saja, namun kemasan juga mempunyai fungsi sebagai “Silent Salesman”, bahkan kemasan ini bisa membangun loyalitas calon konsumen terhadap produk. Namun sayangnya masih banyak pelaku bisnis yang tidak mau berinvestasi terhadap kemasan.

Di dalam sebuah marketing, packaging produk adalah sebuah sarana komunikasi produk. Packaging menjadi sarana terbaik untuk bisa mendorong calon konsumen untuk membeli sebuah produk, serta bisa membangun loyalitas konsumen terhadap produk tersebut, sebab packaging ini mampu menjadi “personal statement” untuk konsumen. Bagi Anda yang mengabaikan kemasan produk, sudah saatnya berikan perhatian lebih terhadap kemasan produk Anda, sebab packaging ini salah satu faktor yang bisa meningkatkan penjualan baik itu untuk jangka pendek hingga jangka panjang sekalipun. Untuk bisa meningkatkan penjualan melalui packaging produk, maka desain sebuah packaging haruslah terlihat unik dan menarik hati konsumen. Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa yang mesti diperhatikan dalam membuat desain sebuah kemasan supaya bisa menarik minat beli konsumen?

Baca juga : Seberapa Penting Kemasan Produk dalam Meningkatkan Penjualan?

Itu semua sebenarnya tergantung dari target pasar dan strategi marketing yang dilakukan. Misalnya ditunjukkan untuk demografi apa, umurnya berapa, gaya hidupnya seperti apa, akan di distribusikan ke mana, apakah ke seluruh Indonesia atau hanya ke kota besar saja. Jika semuanya sudah jelas, maka setelah itu barulah kita membicarakan desain seperti apa mulai dari pemilihan warna, teks, ukuran, dan gambar yang tepat dan sesuai dengan gaya hidup mereka.

Tidak hanya itu saja, materialnya pun mesti diperhatikan. Pilihlah jasa cetak packaging produk yang dapat mencetak material sesuai keinginan kita, baik itu jasa packaging kertas atau kemasan kertas baik untuk makanan, minuman sekalipun tidak boleh sembarang pilih.

Jika ingin membuat kemasan produk, maka pihak mana saja yang terkait?

 Pertama adalah pemilik merek tersebut, ia akan memberikan arahan dalam proses pembuatan packaging seperti apa dan seperti siapa target pasarnya, apa tujuannya dan lainnya. Kedua adalah branding company, mereka bertugas memberikan nama branding, branding research yang mendalam, dan brand identity. Kemudian packaging designer, mereka bertugas untuk merancang kemasan, selain itu jasa pembuatan packaging produk, mereka bertugas untuk menyediakan serta mencetak kemasan tersebut.

Bagaimana supaya kemasan bisa menarik perhatian konsumen?

Pada dasarnya, konsumen hanya butuh 2,5 detik saja untuk menilai apakah produk tersebut layak menjadi daftar pembelian atau tidak. Sehingga seorang packaging designer harus dapat menyiasati bagaimana caranya kemasan tersebut bisa terlihat menarik meskipun dilihat dari jarak yang jauh sekalipun, misalnya huruf pada kemasan berukuran besar dan tebal, ataupun lainnya.

Baca juga : Fungsi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Penjualan yang Belum Banyak Diketahui

Perlu diketahui, bahwa tampilan kemasan yang unik dan menarik bisa meningkatkan brand awarness. Dengan demikian, lambat laun harga jual produk Anda pun bisa mengalami kenakan. Jika brand Anda sudah melekat di hati konsumen, mereka tidak akan peduli seberapa mahal produk Anda dan tetap membelinya.

Advertisements