packaging product

Strategi pemasaran memang tidak akan pernah ada habisnya. Hal-hal kecil yang terlihat sepele pun ternyata bisa dijadikan strategi untuk bisa mengembangkan bisnis, dan salah satu contoh kecil yang terlihat sepele namun mempunyai pengaruh yang besar terhadap pemasaran adalah packaging produk (kemasan).

Tak semua pelaku bisnis yang menyadari akan kemasan produk yang mereka tawarkan. Mereka tidak menyadari bahwasannya kemasa produk ternyata bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap penjualan. Terlebih para pelaku usaha kecil yang sekarang ini kian banyak bermunculan, banyak dari mereka yang hanya fokus menciptakan produk kan tetapi sama sekali tidak memperhatikan kemasan yang akan digunakannya.

Perlu diketahui, sebagian besar konsumen memilih produk karena mereka tertarik dengan kemasan produk tersebut, entah itu terlihat unik ataupun menarik. Apabila para konsumen sudah tertarik dengan kemasan produk, maka peluang usaha untuk bisa meraih kesuksesan pun sudah di depan mata, sebab Anda sudah berhasil memberi kesan pertama yang menarik untuk para konsumen.

Sudah saatnya Anda memikirkan kemasan dan mengunjungi jasa cetak kemasan product untuk memberikan perhatian lebih terhadap produk Anda, sebab kemasan produk adalah salah satu hal penting untuk bisa meningkatkan penjualan.

Walaupun kemasan produk merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif, akan tetapi perhatikan pula desain dan juga bentuk kemasan tersebut. Berikut ada beberapa tips yang mesti diperhatikan oleh Anda dalam membuat atau menentukan kemasan produk yang tepat.

  1. Kemasan Produk Unik dan Menarik

Buatlah kemasan produk yang belum digunakan oleh produk lain, sehingga produk yang Anda tawarkan akan memberikan kesan yang lebih menarik dan juga lebih unik ketimbang produk lain yang sejenis.

  1. Kesesuaian Kemasan dan isi

Usahakanlah untuk selali menyesuaikan desain kemasan luar produk dengan isi yang ada di dalamnya. Contoh, Anda menawarkan snack ubi, maka kemasan luarnya pun menampilkan gambar ubi pula namun didesain dengan semenarik mungkin.

  1. Ukuran Kemasan yang Bervariasi

Tujuan menciptakan ukuran kemasan yang bervariasi, yakni dari ukiran yang kecil sampai ukuran besar adalah karena tidak semua pembeli memerlukan produk dalam jumlah banyak. Sehingga konsumen dapat memilih kemasan yang keci, seusai dengan kebutuhan mereka. Tidak hanya itu saja, konsumen pun lebih menyukai produk ukuran yang kecil sebab lebih murah.

  1. Sesuaikan Kemasan dengan Karakter Konsumen

Bedakanlah kemasan produk sesuai target pasar, umur konsumen, jenis kelamin konsumen dan lainnya.  Misalnya ada menjual produk untuk anak-anak, maka desain kemasan pun harus bertemakan anak-anak.

Itulah beberapa tips menentukan kemasan produk yang tepat supaya terlihat menarik di hati calon pembeli. Dengan membuat kemasan yang unik dan menarik bisa membentuk image produk Anda di hati pembeli. Maka dari itu, untuk pelaku usaha sudah menjadi kewajiban mengetahui begitu pentingnya kemasan pada sebuah produk, lalu mempraktekannya dalam usaha Anda.

Advertisements