packaging product

Menciptakan produk berkualitas baik ternyata bukanlah faktor yang paling penting dalam menjalankan bisnis. Itu semua akan sia-sia jika dikemas dengan kemasan yang tidak menarik minat pembeli. Maka dari itu, packaging produk yang unik dan menarik tidak kalah penting dengan kualitas produk. Apabila produk Anda dikemas dengan kemasan yang lebih menarik, kemungkinan daya beli konsumen akan besar.

Tidak hanya berfungsi untuk melindungi saja, namun kemasan atau packaging produk pun bisa menjadi media promosi. Jika Anda ingin omzet penjualan Anda naik, jangan hanya memikirkan kualitas produk saja, namun perhatikan pula desain kemasan produk Anda.

Dalam merintis sebuah bisnis, tentunya ada etika atau aturan yang mesti diperhatikan. Salah satunya adalah dalam hal pembuatan kemasan produk. Nah, di bawah ini ada 4 etika yang mesti Anda perhatikan dalam membuat kemasan produk.

Kemasan makanan haruslah disesuaikan dengan produk dan adat yang dituju. Sebagai contoh, misalnya Anda mempunyai usaha atau produk kornet, dan Anda menaruh gambar sapi pada kemasan tersebut. Bagi orang-orang biasa, gambar sapi tersebut tentu tidak menjadi masalah, namun orang-orang di luar sana pasti ada yang menganggap bahwa sapi merupakan hewan yang disucikan. Maka dari itu, alangkah baiknya sesuaikan gambar pada kemasan dengan adat yang ada.

Kemasan produk haru disesuaikan dengan target pasat yang Anda bidik. Sebagai contoh, apabila bisnis makanan yang Anda jalankan merupakan susu untuk anak kecil, maka akan kemasan tersebut harus menarik minat mereka. Jika ditujukan untuk anak kecil, Anda bisa memberikan gambar kartun, ataupun gambar lainnya yang disukai oleh anak-anak. Untuk hal ini, Anda bisa konsultasikan dengan staff desain Anda dan jasa pembuatan packaging produk.

Dalam membuat kemasan maka harus mudah dibukan, hal ini merupakan etika yang sangat penting untuk diperhatikan dalam membuat kemasan sebuah produk. Apabila Anda membuat kemasan makanan yang sulit dibuka, maka hanya akan membuat konsumen merasa kesal, dan menyesal sudah membeli produk Anda, alhasil mereka tidak akan membelinya lagi.

Kemasan produk yang dibuat mesti disesuaikan dengan sifat produk yang akan dipasarkan. Sebagai contoh, Anda mempunyai produk minuman yang mengandung bulir jeruk, maka buatlah kemasan dengan desain botol yang tembus pandang, hal ini bertujuan supaya konsumen dapat melihat sendiri ada bulir jeruk dalam minuman tersebut.

Baca juga : Cetak Brosur Berwarna Untuk Keperluan Promosi Anda
Baca juga : Inilah Manfaat Desain Packing dan Tips Bagaimana Membuatnya

Dengan memperhatikan seluruh etika yang telah dijelaskan, diharapkan pelaku usaha dapat menaikkan nilai jual produknya, sehingga lonjakan kenaikan omzet per bulannya bisa didapatkan. Hal yang paling penting adalah pastikan kualitas produk yang Anda pasarkan mempunyai keseimbangan dengan tampilan desain pada kemasan yang digunakan.

Advertisements