packaging product

Salah satu faktor yang bisa menarik hati konsumen serta bisa mempengaruhi secara langsung proses pembelian suatu produk adalah kemasan atau packaging produk itu sendiri.

Hampir seluruh produk yang dijual sekarang ini dikemas dengan bermacam bentuk. Walaupun fungsi utama packaging produk adalah untuk meminimalisir risiko kerusakan sebuah produk, akan tetapi packaging produk ini bisa menarik perhatian konsumen untuk membelinya, asalkan packaging produk tersebut terlihat menarik.

Packaging produk produk yang menarik merupakan salah satu strategi pemasaran yang harus di lakukan, sebab di dalam berbelanja, 30 detik pertama yang dirasakan kosumen adalah menarik atau tidaknya produk tersebut. Perbedaan desain packaging product bisa memberikan reaksi yang berbeda pula terhadap konsumen.

Baca Juga : Fungsi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Penjualan yang Belum Banyak Diketahui

Menurut sebuah penelitian, lebih dari 50% konsumen membuat keputusan pembelian di depan (rak penjualan) di mana produk-produk tersebut dipajang. Hal ini menjelaskan, bahwa konsumen akan lebih mempercayai kualitas pengemasan produk yang ingin dibelinya dibandingkan dengan harga murah atau faktor lainnya. Maka dari itu, desain sebuah kemasan mempunyai peranan penting di dalam kesuksesan penjualan.

Sebuah produk yang dikemas dengan kemasan unik bisa memberikan penampilan berbeda di mata konsumen, produk Anda akan lebih terlihat, konsumen bisa membedakan produk Anda ketimbang dengan produk-produk pesaing.

Kemasan sendiri mempunyai bermacam peran di dalam pemasaran yang bervariasi, tergantung dari merek tertentu beserta kategorinya. Adapun fungsi kemasan adalah sebagai berikut.

  1. Kemasan mempunyai peran fungsional untuk menampung serta melindungi isi dari sebuah produk, baik itu di toko ataupun di rumah pembelinya (konsumen).
  1. Kemasan mempunyai peran penting sebagai sarana informasi produk yang memuat secara detail dari komposisi, kegunaan, nutrisi, cara penyimpanan, dan juga harga.
  1. Konsumen akan melewati bermacam merek sewaktu mereka berkeliling ataupun sewaktu memilih produk di toko. Faktor estetika sangatlah penting untuk bisa membuat sebuah merek menjadi tampak menonjol, untuk bisa menarik pembeli baru serta memastikan konsumen untuk bisa menemukan produk tersebut dengan mudah.
  1. Kemasan juga mempunyai kemampuan untuk bisa mempengaruhi konsumen pada tempat penjualan serta berperan sebagai bentuk komunikasi merek, positioning, nilai, menanamkan kepribadian dan manfaat pada merek.

Untuk memenuhi peranannya dalam pemasaran, maka sebuah kemasan harus mempunyai desain di mana desain tersebut mampu menjual produknya. Desain pada kemasan sangatlah penting guna menunjangnya sebagai penjual yang mengiklankan manfaat serta atribut dari sebuah produk. Desain pada kemasan adalah sebuah tempat di mana identitas dari merek ditonjolkan, selain itu desain kemasan juga bisa memberikan kontribusi pada keseluruhan produk.

Baca Juga : 3 Alasan Mengapa Packaging Produk Mempunyai Peran Sangat Penting

Sudah saatnya memberikan perhatian yang lebih terhadap packaging produk Anda. Urusan desain packaging produk, serahkan saja pada jasa pembuatan packaging produk. Jasa packaging product merupakan solusi bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan seperti apa packaging product yang sesuai untuk produk Anda.

Advertisements