Jalan umum yang berperan sebagai fasilitas publik merupakan salah satu komponen penting yang mendukung transportasi serta distribusi. Jalan umum harus memadai guna menunjang fungsinya, memadai di sini berarti adanya  penerangan jalan. Dengan adanya penerangan jalan pada jalan umum, maka segala aktivitas bisa lancar. Salah satu penerangan jalan yang cukup populer adalah Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya atau yang lebih dikenal dengan sebutan PJU Tenaga Surya.

PJU Tenaga Surya adalah Lampu penerangan jalan yang memakai cahaya matahari sebagai sumber energinya. Lampu ini sangat cocok dipakai untuk jalan-jalan di daerah yang kurang atau belum terjangkau oleh energi listrik dari PLN ataupun daerah yang mengalami krisis listrik, terutama di daerah yang terpencil.

Lampu PJU Tenaga Surya adalah sebuah penerangan jalan alternatif yang tergolong murah dan hemat untuk dipergunakan sebagai sumber listrik penerangan, sebab lampu PJU ini memakai sumber energi gratis serta tidak terbatas dari alam yakni energi matahari.  Selain itu menggunakan Modul atau Panel Surya dengan lifetime hingga jangka waktu 25 tahun yang berfungsi  untuk menerima cahaya (sinar) matahari, lalu diubah menjadi listrik melalui proses photovoltaic.

PJU Tenaga Surya akan menyala secara otomatis pada sore hari, dan akan padam pada pagi hari. Perawatan PJU Tenaga Surya ini sangat mudah dan efisien.

Baca Juga : Pentingkah Menggunakan Lampu Jalan Tenaga Surya

Masa penggunaan Lampu PJU Tenaga Surya bisa mencapai 50.000 jam lamanya dengan sumber daya DC. Dengan lamanya interval penggantian lampu, itu berarti bisa mengurangi frekuensi serta bisa menghemat biaya operasional pemeliharaan.

Pada lampu PJU Tenaga Surya pun terdapat baterai, baterai yang dipergunakan adalah jenis baterai bebas perawatan atau bisa disebut dengan Maintenance Free (MF) yakni jenis VRLA serta tipe Deep Cycle.

Dengan menggunakan lampu Tenaga Surya ini, kita semua sudah mempunyai sumber energi sendiri tanpa adanya ketergantungan dengan pihak lain, dan ramah lingkungan.

Lampu PJU Tenaga Surya akan beroperasi secara mandiri serta tidak akan memerlukan kabel jaringan antar tiang,  itu berarti installasinya sangat mudah dilakukan, praktis, sangat ekonomis serta tentunya bisa terhindar dari black out total apabila terjadi gangguan. Untuk masalah instalasi ini serahkan saja pada jasa pemasangan lampu PJU yang  biasanya sudah paket pada saat pembeliannya.

Lampu PJU mempunyai tiang dengan ketinggian yang berbeda, mulai dari 7-9 meter. Selain itu, jarak antar tiangnya pun berbeda-beda, muali dari 15-40 meter. Untuk jarak tiang tergantung pada ketinggian, jenis lampu, serta cahaya yang dibutuhkan.

Baca Juga : Lampu Jalan Tenaga Surya Solusi Terbaik Masa Kini

Secara keseluruhan, sistem pada Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ini dirancang untuk hemat energi, bebas biaya perawatan, dan masa penggunaannya bertahan lama. Dengan pemasangan yang tergolong mudah dan cepat, membuat PJU Tenaga Surya ini bisa menjadi solusi yang cepat untuk mengatasi kebutuhan penerangan jalan.

Advertisements