Kemasan atau packaging produk adalah salah satu poin penting yang bisa mempengaruhi banyak atau tidaknya permintaan konsumen terhadap penjualan. Namun, masih banyak pelaku bisnis di luar sana yang beranggapan bahwa kualitas produk dan bagaimana cara memasarkannya jauh lebih penting ketimbang fokus pada kemasan produk.

packaging product

Perlu Anda ketahui, ada beberapa hanya yang bisa mempengaruhi penjualan produk selain kualitas, pelayanan dan strategi pemasaran yakni kemasan produk itu sendiri. Semuanya saling mendukung satu sama lain.

Baca Juga : 3 Alasan Mengapa Packaging Produk Mempunyai Peran Sangat Penting

Bagi Anda yang kurang peduli terhadap kemasan produk, berikut ini fungsi penting kemasan produk untuk usaha Anda.

Kemasan produk sebagai pelindung

Kemasan produk haruslah bisa melindungi produk dari bermacam pengaruh dari luar ataupun dalam, seperti kelembaban, pengaruh O2, sinar ultraviolet, dan mesti bisa melindungi dari bermacam bahaya seperti pengaruh handling yang tidak benar. Penggunaan bahan baku berkualitas dan handling yang benar merupakan salah satu cara untuk melindungi produk di mulai pada saat pengemasan hingga ke masa kadaluwarsa.

Kemasan produk sebagai daya tarik

Dalam membuat packaging produk, diperlukan keahlian dalam memadukan antara desain dengan kemasan yang dibuat. Bentuk, warna, ukuran, dan juga informasi yang lengkap yang ada pada kemasan akan menimbulkan daya tarik yang besar. Tidak hanya itu saja, penampilan gambar pun sangat mempengaruhi 75% keputusan konsumen untuk membeli. Untuk masalah ini Anda bisa konsultasikan dengan jasa cetak kemasan product. Jadi, sekali lagi kemasan produk sangat menentukan ketertarikan konsumen.

Kemasan produk sebagai alat penanda

Cetakan yang ada pada packaging harus bisa terlihat dan dibaca dengan jelas nama produknya, berat produk, nama produsen, cara penggunaan, dan informasi lainnya.

Kemasan produk sebagai alat promosi terselubung

Secara tidak langsung, kemasan produk mesti bisa menjual dirinya sendiri, mesti mampu berkomunikasi dengan baik ketika berada di etalase atau didistribusikan. Maka dari itu, buatlah desain packaging produk dengan sebaik dan semenarik mungkin.

Kemasan produk sebagai alat pemindahan

Kemasan merupakan sebuah wadah untuk suatu produk sekaligus berfungsi sebagai alat yang memudahkan produk tersebut untuk dipindahkan dari produsen hingga ke tempat pendistribusian ataupun ke tangan konsumen.

Kemasan produk sebagai brand image

Brand Image akan membuat siapa saya yang melihatnya akan mengetahui produk yang ada di dalmnya secara sepintas, hal ini dikarenakan ada ciri khusus yang unik dan juga mudah dikenali oleh konsumen.

Baca Juga : Meningkatkan Omzet Penjualan Dengan Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

Dengan adanya kemasan produk yang unik dan menarik, maka akan membentuk image ataupun citra produk itu sendiri. Maka dari itu, sangat penting sekali bagi pelaku bisnis untuk mengetahui peran pening suatu kemasan, serta menerapkannya ke dalam bisnis yang dijalankan.

Advertisements