packaging product

Disadari ataupun tidak, desain kemasan atau packaging produk menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah produk. Jika produk tersebut mempunyai kemasan yang unik dan menarik maka konsumen pun tidak akan sungkan melirik produk tersebut, lalu memutuskan untuk melakukan pembelian.

Namun begitu pula dengan sebaliknya, jika kemasan yang digunakan terlihat biasa-biasa saja, serta tidak sesuai dengan target pasar, jangankan tertarik untuk melihatnya saja konsumen kurang peduli.

Baca Juga : Branding Dengan Packaging Produk Berkualitas

Baik itu kemasan makanan, kemasan minuman, hingga kemasan obat sekalipun haris didesain dengan semenarik mungkin. Sudah seharusnya para pelaku bisnis untuk memberikan perhatian lebih terhadap kemasan produk yang dimiliknya. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan jasa packaging produk, baik itu makanan, minuman ataupun jasa cetak packaging obat sekalipun. Bagaimanapun juga, memberikan perhatian lebih terhadap kemasan supaya bisa menarik hati pembeli adalah sebuah investasi.

Untuk mengundang rasa penasaran konsumen terhadap produk, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membuat kemasan produk.

  1. Ciptakan Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

Usahakanlah untuk selalu menciptakan packaging produk yang belum digunakan oleh produk lain atau produk sejenis. Dengan menggunakan packaging produk yang berbeda, akan memberikan kesan lebih unik dan menarik ketimbang produk lain yang sejenis.

  1. Sesuaikan desain Kemasan dengan Isi Produk

Dalam membuat packaging produk, sesuaikanlah desain packaging luar dengan produk yang ada di dalamnya. Misalkan Anda menual snack singkong, maka kemasan luarnya pun harus terdapat gambar atau animasi singkong, jangan memberikan gambar lain yang tidak pas. Dengan memberikan gambar yang tepat, maka konsumen tidak akan salah memilih produk yang mereka cari.

  1. Ciptakan Kemasan dalam Berbagai Ukuran

Ciptakanlah kemasan dalam bermacam ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran kemasan yang besar sekalipun. Tujuan menciptakan kemasan dalam bermacam ukuran ini dikarenakan tidak seluruh konsumen memerlukan produk dalam jumlah yang banyak, pasti ada konsumen yang hanya memerlukan jumlah tertentu saja. Dengan adanya ukuran yang beragam (ukuran kecil), maka konsumen dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga tingkat penjualan Anda bisa meningkat. Selain itu, konsumen pun lebih tertarik untuk membeli produk dengan ukuran yang kecil sebab produk dengan ukuran kecil mempunyai harga yang jauh lebih murah ketimbang dengan produk berukuran besar.

  1. Sesuaikan Kemasan dengan Karakter Konsumen.

Dalam menciptakan desain packaging produk, sesuaikanlah dengan karakter konsumen. Dalam hal ini bisa dibedakan berdasarkan jenis kelamin, usia konsumen ataupun lainnya. Misalnya, produk Anda ditunjukkan untuk anak-anak, maka desain kemasan tersebut haruslah bertemakan anak-anak, seperti kartun, dan lainnya.

Baca Juga : Keunggulan Cetak Offset Bagi Kemasan Produk

Itulah beberapa tips dalam membuat desain kemasan. Dengan kemasan produk yang unik serta menarik pun bisa membentuk image brand kita dimata masyarakat (brand Awareness ). Maka dari itu, para pelaku bisnis sebaiknya mengetahui betapa pentingnya dari sebuah kemasan produk.

Advertisements