mesin injection molding

Injection molding merupakan sebuah metode dalam pembentukan material termoplastik di mana material atau bahan akan meleleh atau mencair karena proses pemanasan yang diinjeksikan oleh plunger ke dalam sebuah cetakan yang didinginkan oleh air sehingga akan mengelami pengerasan kembali.
Walaupun pada nyatanya banyak variasi didalam proses dasar ini, tetapi 90 persen injection molding merupakan pemrosesan material termoplastik. Injection molding akan mengambil porsi sepertiga dari jumlah keseluruhan resin yang telah dikonsumsi dalam pemrosesan termoplastik. Saat ini dapat dipastikan bahwa pada setiap kantor, kendaraan, rumah, pabrik terdapat barang-barang dari plastik yang dibuat dengan cara injection molding, misalnya pesawat telepon, printer, keyboard, mouse, rumah lampu mobil ,dashboard, reflektor, roda gigi, helm, televisi, sisir, roda furnitur, telepon seluler, dan masih banyak lagi yang lain.

Sejarah Mesin Injection Molding

Sejarah Mesin injection molding tercatat telah dipatenkan pertama kali pada tahun 1872 di Amerika Serikat untuk memproses celluloid. Berikutnya pada tahun 1920-an di Jerman mulai dikembangkan mesin injection molding namun masih dioperasikan secara manual di mana pencekaman mold masih menggunakan tuas. Tahun 1930-an ketika berbagai macam resin tersedia dikembangkan mesin injection molding yang dioperasikan secara hidraulik. Pada era ini kebanyakan mesin injection moldingnya masih bertipe single stage plunger. Pada tahun 1946 James Hendry membuat mesin injection molding tipe single-stage reciprocating screw yang pertama. Mulai tahun 1950-an relay dan timer mulai digunakan untuk pengontrolan proses injeksi nya.

Proses Kerja Mesin Injection Molding

Termoplastik dalam bentuk butiran atau bubuk ditampung dalam sebuah hopper kemudian turun ke dalam barrel secara otomatis (karena gaya gravitasi) di mana ia dilelehkan oleh pemanas yang terdapat di dinding barrel dan oleh gesekan akibat perputaran sekrup injeksi. Plastik yang sudah meleleh diinjeksikan oleh sekrup injeksi (yang juga berfungsi sebagai plunger) melalui nozzle ke dalam cetakan yang didinginkan oleh air. Produk yang sudah dingin dan mengeras dikeluarkan dari cetakan oleh pendorong hidraulik yang tertanam dalam rumah cetakan selanjutnya diambil oleh manusia atau menggunakan robot. Pada saat proses pendinginan produk secara bersamaan di dalam barrel terjadi proses pelelehan plastik sehingga begitu produk dikeluarkan dari cetakan dan cetakan menutup, plastik leleh bisa langsung diinjeksikan.

Jasa Mesin Injection Molding

Saat ini kebutuhan penggunaan produk berbahan plastik cukup tinggi, banyak perusahaan perusahaan menengah kebawah sudah mulai membuat produk kemasan berbahan plastic untuk membranding produk mereka, dimana logo atau identitas perusahaan di cetak di benda benda berbahan plastik seperti gelas, mangkuk, botol tempat makan dan lainnya. Dengan meningkatnya permintaan tersebut maka beberapa orang jeli melihat tersebut dengan membangun jasa mesin injection molding tersebut, tujuannya untuk membantu para usaha menengah kebawah yang ingin membranding dengan mencetak logo atau indetitas perusahaan mereka kedalam sebuah kemasan atau produk plastik. Salah satu perusahaan yang menerima jasa mesin injection molding ialah rajawalimall.com, bagi Anda yang memerlukan jasa tersebut dapat menghubungi mereka dengan mengunjungi website mereka disini -> http://www.rajawalimall.com/plastic-injection

Advertisements